-->
  • Jelajahi

    Copyright © SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Tradisi Lomba Katinting, Belajar Menjadi Pelaut Tangguh Dari Suku Bugis

    REDAKSI
    Minggu, 24 November 2019, 14:24 WIB Last Updated 2020-03-07T03:33:16Z
    Tradisi Lomba Katinting, Belajar Menjadi Pelaut Tangguh Dari Suku Bugis

    NEWSTAR ■ Perlombaan katinting di Dusun Lembang desa Salemba kecamatan Ujung Loe digelar hari ini. Kegiatan yang di laksanakan masyarakat nelayan desa Salemba itu berlangsung semarak.

    Kegiatan tahunan yang di laksanakan oleh masyarakat nelayan desa salemba ini sebagai bentuk rasa syukur dan nelayan akan hasil panen setelah melaut pada musim barat.

    Dalam kegiatan ini di ikuti oleh nelayan kabupaten bulukumba dan juga di luar kabupaten bulukumba, bahkan ada nelayan dari kalimantan yang menyempatkan hadir di bulukumba untuk mengikuti kegiatan tersebut.

    BIJA TO' SABBARA ( Bijaksana jujur Amanah Tomy Satria Selalu Bersama Rakyat)  tema kegiatan yang di pelopori Kerabat TSY desa salemba. Selain Lomba katinting panitia juga menyisihkan setengah dari uang pendaftaran para peserta di gunakan untuk membangun masjid yang ada di dusun Lembang.

    "Lomba katinting ini rutin kami laksanakan setiap tahunnya sebelum musim penghujan untuk menghibur masyarakat pesisir setelah panen rumput laut," jelas Asrul syam yang juga panitia pelaksana.

    Tomy satria yang sempat hadir  menyaksikan keseruan lomba katinting ini turut merasakan kebahagian masyarakat pesisir dusun lembang desa salemba.

    Menurutnya, selain menghibur masyarakat, lomba katinting ini juga memberi pengetahuan bagi masyarakat bagaimana nelayan menjadi pelaut yang ulung.

    Suku bugis khususnya Kabupaten bulukumba di kenal sebagai pelaut pelaut yang tangguh terhadap ombak. Itulah kenapa saya menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan lomba katinting ini.

    "Agar masyarat (saya pribadi)  mengetahui perjuangan nelayan saat berada di atas air," Jelas Wakil Bupati Bulukumba tersebut. (Aidil)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    loading...

    WISATA BAHARI

    +