--> -->
SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

  • Jelajahi

    Copyright © SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Agrowisata Berbasis Desa Wisata Bisa Mewujudkan Kesejahteran

    REDAKSI
    Selasa, 29 Oktober 2019, 17:35 WIB Last Updated 2020-03-06T19:48:58Z
    Agrowisata Berbasis Desa Wisata Bisa Mewujudkan Kesejahteran

    INFO WISATA ■ Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam membangun dan mengembangkan desa wisata. 

    "Pertama, akses yang baik menuju lokasi desa wisata sangat diperlukan. Sangat dibutuhkan perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat hingga pemerintah diderah menyediakan aksesibilitas yang memadai, ramah dan aman," katanya.

    Misalnya, kata Chusnun, Pantai Gigihiu yang ada di Provinsi Lampung sangat cantik, indah dengan panorama yang unik di sore hari, dan disertai penampakan lumbu-lumba yang mengagumkan.

    Namun, aksesibilitas sangat sulit sekali. Padahal banyak wisatawan mancanegara dari Austarlia yang berkunjung kesana. Artinya akses sangat penting dan menjadi penentu kemajuan suatu desa wisata dan pembangunannya harus dilakukan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

    Dana desa harusnya diperuntukkan untuk pembangunan lingkungan akses ke desa wisata, begitu juga pemerintah kabupaten hingga pemerintah provinsi. Jika saling berkoordinasi dan berkolaborasi membangun desa wisata, maka hasilnya akan sangat signifikan untuk peningkatan ekonomi kesejahteraan warga desa.

    Kedua, Amenitis, artinya objek wisata desa butuh kenyamanan, keamanan dan keramahan. Harus tersedia infrastruktur pendukung misalnya aneka macam makan tradisional, home stay, tidak harus hotel dan toilet yang bersih serta higienis.

    Artinya penduduk desa harus diberdayakan untuk mengelola rumahnya sebagai homestay yang diperuntukan bagi wisatawan. Sanitasi, kebersihan, dan hospitality harus diperhatikan dengan baik. Dengan standar itu, masyarakat desa harus diajarkan atau diedukasi mengenai desa wisata.

    Ketiga, Atraksi artinya bukan hanya sesuatu given tapi diciptakan. Given misalnya keindahan alami desa. Sedangkan diciptakan yakni atraksi budaya tradisional, permainan tradisional, cerita tradisional dan makanan tradisional harus dikemas dengan kualitas terbaik.

    Pemuda desa harus diberdayakan. Mengapa angka penggunaan narkoba di desa cenderung naik karena minimnya kegiatan positif di desa. Sehingga pemuda desa mudah terkontaminasi dengan obat-obat tersebut.

    ” Bila pemuda desa diberdayakan maka hasilnya sangat baik dan positif. Misalnya, pemuda desa mengajak turis main volly besama di sore, melihat gajah liar, melihat kebun petani dan sambil memetik buahnya. Artinya, tidak harus merubah estetika asli desa tersebut," ujar politisi PKB itu.

    Sebab, potensi uang yang beredar di desa wisata sangat besar. Misalnya, Desa Braja Harjosari di Lampung bisa menghasilkan transaksi 1,8 miliar perbulan di dapatkan dari hasil pengelolaan homestay dan makanan tradisional.

    Dengan demikian, agrowisata berbasis desa wisata bisa mewujudkan kesejahteran, kemandirian masyarakat desa tanpa merubah estetika desa. Daya ungkit ekonomi desa wisata empat kali lipat besarnya dari sektor pertanian. (via/fp)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    WISATA BAHARI

    +