--> -->
SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

  • Jelajahi

    Copyright © SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Forum Rektor Indonesia Gelar Deklarasi Pemilu Damai

    Seputarindo
    Minggu, 04 Februari 2024, 09:48 WIB Last Updated 2024-02-04T02:48:13Z



    SEPUTARINDO--Makassar --- Kegiatan Forum Rektor Indonesia yang digagas oleh Universitas Hasanuddin Makassar digelar selama 2 hari di Ballroom Unhas Convention Centre Kampus Unhas Makassar ditutup dengan pembacaan Deklarasi Pemilu Damai Sabtu (3/2/24) malam.

    Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes didaulat untuk membacakan isi Deklarasi yang berisi :

    Dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, Forum Rektor Indonesia menyerukan:

    a. Mengajak segenap komponen bangsa untuk menyukseskan pemilu 2024 yang aman dan damai.

    b. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi.

    c. Bersama -sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

    d. Warga negara yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, dan tidak golput. Kita harus menghargai perbedaan pilihan setiap orang.

    e. Kampus bukan tempat memecah belah, sebaliknya Kampus menjaga kondusifitas dan turut memberikan edukasi kepada komponen bangsa demi terciptanya pemilu yang jujur, adil, aman dan damai. 

    Dalam pembacaan Deklarasinya, Prof. Dr. Nurhasan didampingi sejumlah Rektor yang berasal dari berbagai Kampus ternama di Indonesia, seperti Prof. Dr. Komarudin Sahid, M.Si (Rektor Universitas Negeri Jakarta), Prof. Dr. H . Mudzakir Ali, MA (Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang), Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr., Ph D (Rektor Universitas Mataram), Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D (Rektor Universitas Terbuka), Prof. Dr. Adri Patton, M.Si (Rektor Universitas Borneo Tarakan), Dr. H. M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A (Rektor Universitas Teknokrat Indonesia),  Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si (Rektor Universitas Lambung Mangkurat), Dr. Tipri Rose Kartika, M.M (Rektor Politeknik Negeri Media Kreatif),  Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE (Rektor Universitas Padjadjaran), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp .OG(K)., )(Rektor Universitas Gadjah Mada), Prof. Reini Wirahadikusumah ,Ph.D. (Rektor Institut Teknologi Bandung) dan tuan rumah Prof. Dr. Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc (Rektor Universitas Hasanuddin)

    Menjawab pertanyaan awak media, Rektor UNHAS menjelaskan bahwa Deklarasi ini bertujuan mengajak seluruh komponen bangsa untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu dan menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi. 

    Ditegaskan pula bahwa Proses Deklarasi ini sudah melalui kajian oleh ForumRektor Indonesia secara Online maupun Offline.

    Salah satu poin penting dalam deklarasi ini adalah menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024. FRI Makassar mengajak seluruh warga negara untuk bersikap bijak dalam menyikapi informasi yang beredar dan tidak terpengaruh oleh berita palsu yang dapat memicu konflik. 

    Deklarasi yang dibacakan Sabtu malam itu diliput sejumlah awak media dari berbagai media cetak maupun elektronik dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (***)


    Publish Wandhi-Iwo

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    WISATA BAHARI

    +