--> -->
SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA

  • Jelajahi

    Copyright © SEPUTARINDO | AKTUAL DAN TERPERCAYA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Ciptakan Suasana Aman dan Kondusif ditengah Pandemik Covid 19, Kapolres Optimalkan FKPM

    Seputarindo
    Jumat, 12 Juni 2020, 15:07 WIB Last Updated 2020-06-12T08:07:44Z

    SEPUTARINDO ■ Untuk menciptakan suasana kondusif di tengah tengah masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, Kepolisian Resort Trenggalek melakukan pengoptimalan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur.

    Dengan kembali mengoptimalisasikan FKPM dapat diharapkan menumbuhkan sikap toleransi dan menghindari perselisihan antar golongan terlebih di masa wabah virus Covid-19 ini.

    Dalam kegiatan tersebut , Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan mengoptimalisasikan kembali FKPM di Trenggalek dilakukan dengan mengumpulkan sekitar 40 tokoh masyarakat Trenggalek dari berbagai elemen di Pendhapa Manggala Praja Nugraha di Jalan Pemuda, Kabupaten Trenggalek, Kamis (11/6/2020).

    Doni kembali menjelaskan bahwa dengan kehadiran semua pihak yang mendukung langkah ini dapat diharapkan peran dan fungsi FKPM semakin dioptimalkan.

    "Harapannya dengan FKPM ini, kita bisa saling membangun komunikasi antar warga dan tokoh masyarakat," Tutur AKBP Doni, Kamis (11/6/2020).

    "Tentunya jika komunikasi sudah baik, maka kedepannya segala macam bentuk permasalahan yang muncul bisa dapat diselesaikan dengan baik di tingkat lingkungan terkecil sebelum melangkah ke jalur pidana atau proses hukum," Jelas Mantan Kasubdit Tipidkor Polda Sumut ini

    Selain sebagai wadah unutk menjalin komunikasi dan silaturahmi , menurut AKBP Doni, peran FKPM juga yang sangat baik dalam membina keamanan di daerah maupun lingkungan tempat tinggal kita .

    "Kami dari Polres Trenggalek juga berharap peran yang lebih dari para tokoh- tokoh masyarakat untuk turut ikut serta dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif apalagi di musim pandemi Covid-19 ini. Jika situasi di sekitar lingkungan kita aman dan tentram , maka dapat dipastikan jalur ekonomi akan semakin terbuka lebar dan manfaatnya dapat di nikamati oleh masyarakat luas," Jelas Kapolres Trenggalek 

    Masi Kata Doni Satria Sembiring ,"Maka dari itu kami mohon bantuan serta partisipasi dari semua tokoh tokoh masyarakat dan semua elemen, untuk turut ikut serta dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Trenggalek," .

    Sambutan ,Bupati Trenggalek Hm Nur Arifin menyebutkan bahwa pihaknya sangat mendukung peran FKPM di tengah masyarakat.

    "Ketika ada permasalahan di masyarakat sebelum dilanjutkan ke ranah hukum hendaknya dilakukan musyawarah untuk mufakat. Di sini peran FKPM diperlukan," kata Arifin.

    Ia juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si yang telah berkenan menghidupkan kembali FKPM.

    "Dalam masa pandemi Covid 19 ini banyak sekali kerawanan baru. Contoh dengan kewajiban memakai masker, maka ketika masuk ATM, sangat sulit untuk mengidentifikasi setiap orang yang masuk, termasuk ketika terjadi tindak kejahatan," paparnya.

    Berdasarkan data Indikator yang dirilis oleh Tim Gugus Tugas Nasional Covid-19, kata Arifin, wilayah Kabupaten Trenggalek masuk dalam zona kuning.

    "Ini artinya Kabupaten Trenggalek tidak ada transmisi lokal, Covid-19," katanya.

    Ia menjelaskan kebijakan New Normal di Kabupaten Trenggalek akan diterapkan menjadi beberapa tahap dengan segala aturan dan langkah yang menyertai.

    "Santri yang berasal dari dalam kota dipersilahkan untuk kembali ke Ponpesnya, sedangkan untuk santri dari luar kota akan dilakukan tes terlebih dahulu," kata dia.

    Jika nantinya hasilnya reaktif, maka akan diisolasi terlebih dahulu..

    "Nantinya mohon untuk pengasuh ponpes agar menyediakan lokasi khusus dan terpisah bagi santri yang berasal dari luar kota," kata dia.
    Beberapa waktu lalu, menurut Arifin, pihaknya mengisiasi panduan atau protokol kesehatan dalam new normal. "Jika tidak ada halangan nanti tanggal 15 Juni akan kami rilis," ujarnya.

    Sementara Dandim 0806 Kab Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto menambahkan dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, pihak Polri dan TNI tentunya tidak bisa berjalan sendiri.

    "Kami membutuhkan dan memohon dukungan dari semua pihak dan masyarakat, termasuk FKPM ini," katanya.

    Dalam kesempatan itu Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si Sembiring menyematkan rompi FKPM ke salah satu warga masyarakat anggota FKPM Trenggalek, untuk menandai dioptimalkannya kembali FKPM Trenggalek. (Bidhumas)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terkini

    WISATA BAHARI

    +